Rabu, 14 Maret 2018

Cara ke Universitas Pakuan di Bogor, dari Sukabumi // naik kendaraan umum dari Sukabumi ke Universitas Pakuan (Unpak)



Cara menuju Universitas Pakuan di Bogor, dari Sukabumi // Naik Kendaraan Umum dari Sukabumi ke Universitas Pakuan (Unpak)

Hai teman, kenalkan nama aku ifta.. sekarang aku semester 6 di fakultas KIP, prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dari Universitas Pakuan. Doakan semoga aku cepat wisuda yaa gelombang 1..  Aamiin. Oke, mungkin diantara kalian ada yg ingin menuju unpak tapi bingung gimana caranya?  Semoga artikel ini membantu yaa…

  1. Naik Bus
Kalau kamu lagi ga buru-buru… bisa naik bis. Soalnya perjalanannya bisa 3 jam-an(normal), 3 jam lebih(agak  macet), 5 jam(macet banget apalagi hari sabtu atau minggu). Kalau kamu dari kota Sukabumi, naik bis jurusan Sukabumi-Bogor. Kalau  kamu naiknya dari cibadak, bisa naik jurusan Sukabumi-Bogor atau bis Palabuhanratu-Bogor. Ada cerita, waktu itu aku jadi maba naik bis dr cibadak, dan itu tuhh ada kumpul calon mahasiswa baru… malah naik bis, dan  diperjalanan macet dan nyampe bogornya terasa lama kalau lagi diburu-diburu saat naik bi situ… Ongkos bis dr Cibadak: 30 ribu (masih untuk saat ini, sewaktu-waktu bisa berubah). Nahh, kalau naik bis, nanti turunnya di terminal baranangsiang, kalau turun diterminal baranangsiang harus jalan dulu ke arah Botani Square, nyebrang dari terminal baranangsiang. Lalu, cari angkot 06 yg garis kuning jurusan Ciheuleut.. Nanti bilang aja ke abangnya ke Unpak. Sampai dehh… atau bisa juga dr terminal baranangsiang, jalan dulu ke  arah masjid raya bogor, nyebrang sampe patokannya ADASwalayan atau jajaran toko-toko, harus nyebrang menuju ADASwalayan. Tunggu disitu, didepan jajaran toko-toko(ADAswalayan, gramedia,McDonald), lalu naik angkot 06 ( untuk saat  ini tarif 3ribulimaratus, usahakan uang pas yaa)… ke unpak dehh.. sampai dehh.. atau dr masjid raya kota bogor/ADA swalayan bisa naik  ojek online. Deket koq kalau dr masjid raya ke unpak.

  1. Naik Colt Mini
Harus siap jiwaa raga… karena biasanya naik colt mini  itu ngebut bisa selip-selip. Yatapi tergantung supirnya juga. Lama perjalanan lebih singkat hanya 2,5 jam (cukup lancar) dan 3 jam (macet, atau pas hari sabtu & minggu). Tarifnya untuk saat ini 25ribu aja, kasih uang pas lebih baik. Biasanya kalau hari Sabtu atau Minggu tarifnya jadi 30ribu, trgantung supirnya, kalau supirnya baik,  tarifnya 25rbu aja koq… Nah, kalau udah naik colt nanti berhenti di depan Masjid Raya Kota Bogor, setelah itu nyebrang ke depan jalan ciheuleut atau ke depan ADA swalayan. Dari situ naik angkot 06 dehh, atau bisa juga setelah turun dari colt mini didepan masjid raya, naik ojek online.

Catatan:  Jangan turun di Ciawi,  karena ke  Unpaknya masih  jauh  kalau  dari  Ciawi sekitar setengah jam  lagi. Tetapi,  kalau terpaksa  turun  di Ciawi, kamu  langsung cari angkot 01,  naik  angkot  01 dehhh... nah nanti berhenti  di  depan  Masjid  Raya Kota Bogor.

  1. Naik kereta
Naik kereta ini paling nyaman dan lebih tepat waktu. Kamu bisa naik dari stasiun sukabumi kota / cisaat/karang tengah/cibadak. Nanti keretanya akan menuju stasiun Paledang di bogor(kalau kamu pesen di aplikasi KAI, stasiun paledang itu namanya stasiun Bogor(BOO)). Kalau dari stasiun Cibadak, lama perjalanannya hanya 75 menit aja sampe deh ke stasiun paledang di Bogor… tarifnya untuk saat ini kalau dr stasiun karang tengah masih IDR 22.500 aja… Nah, kalau udah sampai stasiun paledang di bogor, menuju unpak baiknya naik ojek online aja soalnya biar ga cape… sampai ke unpak deh. Tapi, kalau mau naik angkot, harus jalan dulu ke arah stasiun bogor atau taman topi. Inget harus nyebrang, terus naik angkot 03 yg ada garis biru(tarif untuk saat ini 3.500 aja)… kalau kalian ga nyebrang ke arah taman topi, nanti dii angkot 03 kalian akan dibawa jauh ke terminal laladon atau bubulak. Jadi naik angot 03 nya harus dan wajib di depan taman topinya, deket patung pahlawan itu,  taman topinya sejajaran sama stasiun bogor koq. Lalu, kalau udah naik angkot 03, nanti berhenti di depan botani square,  nahh udah itu naik angkot 06 dehh menuju unpak.. sampai dehh… intinnya kalau dari stasiun paledang gampangnya langsung naik ojek online..

Semoga proyek jalan tol Bocimi nya kalau udah rampung, bisa lebih mempermudah akses menuju Sukabumi-Bogor yaa…  Amiin.

Terimakasih sudah membaca artikel aku. Semoga kamu atau  kalian selamat sampai tujuan  yaa… kabari orang terdekat supaya ada orang yang bisa dikabari atau ditemani ituhh lebih baik kalau kamu termasuk orang yang pertama kali ke bogor.. dan jangan lupa berdoa. Semoga artikel ini sedikit membantu. Terimakasih yaa…

Referensi buku or buku rekomendasi untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris



Referensi buku atau buku rekomendasi yang harus dimiliki mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris/ book reference for English Education Study Program student…


Haii kawan, kenalkan… Nama aku ifta. Sekarang aku semester 6 dari  fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) prodi  bahasa Inggris. Doakan aku cepat wisuda ya gelombang 1.. Aamiin…

Oh iya, apa aja sih buku yang  anak PBI(pend. Bahasa inggris) wajib punya dan pasti terpakai di matakuliah nantinya…

  1. Kamus Inggris-Indonesia. Penulisnya John M. Echols & Hassan Shadily. Kamus ini sangat direkomendasikan lohh, karena terjemahannya lebih lengkap… pasti para dosen juga bakal  rekomendasiin kamus ini. Dimana bisa dapetin  kamus ini? Kalau yg asli a.k.a original, di  toko  buku kayak Gr*media banyak… harganya kalau untuk ukuran mahasiswa  kalau bukunya original, lumayan mahal…
  2. Kamus  Indonesia-Inggris. Penulisnya John M. Echols & Hassan Shadily  juga. Kamus tersebut biasanya akan terpakai di mata kuliah Translation.
  3.  
  4. Kamus OXFORD Learner’s Pocket Dictionary. Kamus full bahasa inggris ini sangat direkomendaasikan. Kenapa harus yg Oxford? Soalnya meskipun yg pocket atau yg besar, kamus oxford dictionary ini lengkap banget. Ada phonetic  symbolnya sesuia dengan kalau boleh dibilang standar internasional. Jadi, pakai kamus ini, kita bisa belajar pronunciation atau pengcapan bahasa inggris  yg baik  dan benar… Jadi nanti kalau speaking English words bakal mirip native speaker bule gitu.
  5. Kamus thesaurus. Kamus ini sangat direkomendasikan untuk mencari kata-kata synonym dalam bahasa Inggris. Tentu saja kamus ini full Inggris. Nah,  yg punya aku ini dari Webster… Tapi, yg Oxford thesaurus juga ada.. dan kalau menurut aku, yg Oxford Thesaurus  lebih bagus soalnya  tampilannya lebih enak di lihat  dan design didalemnya lebih nyaman  buat dibaca, dan kalau yg Oxford itu ada biru-birunya gitu. Kalau yg Webster ini, seperti kamus pada umumnya  saja tampilan dalamnya.  Oh iya,  kalau cari ditoko buku lapak yg biasa-biasa aja kamus Thesaurus  ini jarang banget loh gengs, kalau kamu nemuin itu beruntung banget. Kamus thesaurus ini nanti terpakai  kok di mata kuliah Academic Writing. Kamus thesaurus ini banyak kok,  di toko  buku gr*media… tapi yg  originalnya untuk yg ukuran pocketnya aja mahal banget… :(( pokoknya ntar lihat aja…

Nah,,.. kalau belum dapet printed booknya, bisa install aja aplikasi buku-buku tersebut on ur smartphone or PC..
Thank u for reading my article.. wanna be my friend? Follow  me on twitter&instagram @iftakessa


Thank you

Kamis, 01 Februari 2018

INSIDE MY EYES



INSIDE MY EYES
a poetry by Ifta Kessa

Some
one
No
One

Who?
There’s someone inside your eyes

Where?
Close to me, he
smile
Inside  my eyes

I swoon at noon, woke up soon
I see ice
There’s someone inside my eyes

CARA MINUM SEGELAS AIR PUTIH/ Manner on drinking a glass of mineral water



CARA MINUM SEGELAS AIR PUTIH/ Manner on drinking a glass of mineral water
Ifta Kessa’s version

  1. Ambil gelas di dapurmu./ take a glass or a cup in ur kitchen.
  2. Tuangkan air dari teko ke dalam gelas, sekupnya./ pour water from teapot into a glass, sufficiently.
  3. Duduklah sebelum meminumnya./ take a seat previously, yep before u drink ur water, sitdown first, it’s better.
  4. Berdoa sebelum minum/pronounce a pray before u drink it
  5. Minumlah air tersebut secara perlahan, jangan langsung dihabiskan./ Drink ur mineral water slowly, don’t waste it directly.
  6. You will have the best feeling.
  7. Selesai./done

Senin, 16 Oktober 2017

CHARACTERISTICS OF TEST ITEMS



CHARACTERISTICS OF TEST ITEMS
Karakteristik butir test

Berdasarkan buku “Language Assesment: Principles and classroom practice” oleh H. Douglas Brown, the characteristics of test items are:
  1. Practicality yaitu praktis
  2. Reliablity yaitu ajeg
  3. Validity yaitu sah
  4. Authenticity yaitu asli
  5. Washback yaitu feedback atau umpanbalik