Minggu, 08 Februari 2015

FUNGSI PETA, KLASIFIKASI PETA, PETA INSET, SIMBOL PETA

1. Pengertian Peta
    Menurut International Cartographic Association (ICA), Peta adalah suatu gambaran unsur-unsur ketampakan abstrak dari permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Ilmu yang secara khusus mempelajari teknik pembuatan peta disebut kartografi. Adapun orang yang ahli dalam membuat peta disebut kartografer.


2. Fungsi Peta
    Saat ini peta telah digunakan di berbagai bidang kehidupan sesuai dengan fungsinya. Anda juga dapat menggunakan peta, seperti untuk mencari lokasi baru yang belum pernah dikunjungi. Itulah salah satu fungsi peta. :) Adapun fungsi peta secara umum adalah sebagai berikut.
a. Menunjukan posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi.
b. Memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu tempat di permukaan bumi.
c. Menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, seperti benua, negara, gunung, sungai, dan bentuk-bentuk lainnya.
d. Membantu peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti.
e. Menyajikan data tentang potensi suatu wilayah.
f. Salah satu alat analisis untuk mendapatkan suatu kesimpulan.
g. Alat untuk menjelaskan rencana-rencana yang diajukan.
i. Alat untuk mempelajari hubungan timbal balik antara fenomena-fenomena geografi di permukaan bumi.


3. Klasifikasi Peta
    Berdasarkan data yang ditampilkan, peta dibedakan atas peta umum dan peta khusus.

a). Peta umum (peta ikhtisar), yaitu peta yang menggambarkan seluruh ketampakan yang ada di permukaan bumi, baik keadaan alam maupun budaya, seperti jalan, permukiman, dan sungai. Peta umum dibedakan atas peta dunia, peta korografi, dan peta topografi.
     1). Peta dunia,  yaitu peta yang memberikan informasi tentang bentuk dan letak wilayah setiap negara di dunia.
     2). Peta korografi, yaitu peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi yang bercorak umum dan berskala kecil.
     3).  Peta topografi, yaitu peta yang memberikan gambaran tentang permukaan bumi secara vertikal sehingga dapat diketahui reliefnya. Pada peta topografi terdapat garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat di permukaan bumi yang memiliki ketinggian yang sama.

b). Peta khusus (peta tematik), yaitu peta yang menggambarkan permukaan bumi berdasarkan tema-tema tertentu. Contohnya peta geologi, peta geomorfologi, peta persebaran bahan tambang, peta penggunaan lahan, dan peta jenis tanah.

4. Simbol Peta
    Berdasarkan sifatnya, simbol peta dibedakan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.
a). Simbol kualitatif, yaitu simbol yang digunakan untuk membedakan persebaran benda yang akan digambarkannya. Misalnya, menggambarkan daerah penyebaran hutan, jenis tanah, atau persebaran flora dan fauna.
b). Simbol kuantitatif, yaitu simbol yang digunakan untuk membedakan atau menyatakan jumlah. Misalnya, simbol yang menggambarkan tingkat kepadatan penduduk.

5. Peta Inset
    Peta inset adalah peta berukuran kecil yang disisipkan pada peta utama. Pada umumnya, peta inset diletakkan di bagian sisi kiri, sisi kanan, atau dibawah peta dalam garis tepi. Peta inset berukuran lebih kecil dibandingkan dengan peta utama yang bertujuan untuk memperjelas peta utama atau peta inti.
Peta inset dibuat dengan tujuan sebagai berikut.
a. Menunjukan lokasi yang digambar pada peta inti kaitannya dengan wilayah di sekitarnya.
b. Memperjelas peta utama, baik fenomena fisik (alam) maupun fenomena sosial budaya.
c. Menghemat ruang pada peta ini.


Oke teman-teman. :) Itulah penjelasan 'sedikit' mengenai fungsi peta, klasifikasi peta, peta inset, dan simbol peta. Semoga bermanfaat ya... :) Ayo, gali lagi lebih dalam pengetahuan kalian dengan cara baca buku Geografi di Perpustakaan Sekolah/Perpustakaan Daerah sehingga kalian bisa lebih tahu tentang peta dan Geografi, pastinya ilmu pengetahuan kalian lebih bertambah dan wawasan kalian menjadi luas jadi kalian menjadi siswa/siswi yang mempunyai semangat belajar tinggi, pintar, dan berprestasi yang membanggakan bagi orangtua dan sekolah kalian. SEMANGAT!!! \(>_<")9

Sumber materi: Buku Geografi kelas 12 SMA yang pernah Saya baca. Saya di Sekolah jurusan IPS, oleh karena itu jadi blog tentang peta deh. :)

sumber gambar: google.com

wanna be my friend? Follow me on twitter @iftakessa :) thank you. :)

Kamis, 22 Januari 2015

PISCAHYA AND THE LEGEND OF AGALAT VILLAGE

PISCAHYA AND THE LEGEND OF AGALAT VILLAGE

Hi readers! :) Here is a fiction legend story made by me for my English task in school on November 2014. Okay, here we go! Enjoy and Happy reading :)

A long time ago, There is a continent named AV-VSIA (read: av-see-ya), at the south east AV-VSIA, there’s a country named DONNES. In the south of Donnes, there is a luxurious palace named TRESHARI. The king and queen of Treshari had a beautiful princess named Piscahya. Piscahya is a kind-hearted daughter, She is pretty as jasmine and impress as a diamond. She loved to wear her crown wherever she goes. Her crown made by the best quality of gold and there are 7 pearls circled on her crown.

A month earlier , the queen wanted to celebrate her birthday by inviting a prince who is gifted in terms of business from Fyxran kingdom to come to Treshari kingdom . The Prince's name is Weerazha . The Queen also sent a letter of invitation of her birthday celebration to prince Weerazha .

One night, when Piscahya went to sleep, She got a mysterious dream. A fairy told her that she should go to the wood before her mother’s birthday. If Piscahya not done , then at her mother's birthday on the day after the sun goes down , Piscahya will lose everything She loves. The fairy in her dream gave a power to Piscahya that She could fix something by her hands, but the power only valid for plants.

In the morning, Piscahya woke up. She told the dream to her parents. The King & Queen couldn’t believe it. Then, The king gave Piscahya a rotten tomato. Piscahya touched that tomato and how magical, the tomato was back to be fresh and shining.

The day after tomorrow was her mother birthday, Piscahya wanted to give something special for her mother but how poor, a witch came to Treshari castle and made all people sleep in the castle include 

Sabtu, 11 Oktober 2014

Mengidentifikasi Puisi Kontemporer // Contoh Puisi Kontemporer

Puisi kontemporer adalah puisi baru, yaitu puisi yang diekspresikan lebih bebas oleh penyair karena tidak terikat aturan seperti halnya puisi lama. Puisi kontemporer bentuknya lebih bebas, baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima.

Puisi kontemporer mulai populer di Indonesia saat kesenian barat diadopsi. Dari sinilah, perkembangan puisi kontemporer di Indonesia dimulai. Perkembangan yang sangat menonjol tahun 1945-an dengan Chairil Anwar sebagai pelopornya.

Dibawah ini adalah puisi kontemporer karya Sutardji Calzoum Bachri

Rabu, 30 Juli 2014

PENGALAMAN: Cara-Cara Siswa Siswi Mencontek Saat Ulangan part 2



Untuk yang belum baca part 1, silahkan baca dulu yang part 1 ===> PENGALAMAN: Cara-Cara Siswa Siswi Mencontek Saat Ulangan










.
.
 .
 .
 .
PERHATIAN! JANGAN SAMPAI INI DI PRAKTEKAN DALAM ULANGAN! SAYA HANYA BERBAGI PENGALAMAN!! AMBIL HAL POSTIFNYA, YANG NEGATIFNYA BUANG!!!



Curhat dikit boleh gak? Boleh ya, boleh aja deh. Sebenernya, aku takut banget kalo nyontek, takut nilai ulangan kecil, takut ketauan guru, takut dosa! U,u POKOKNYA DALAM DIRI AKU, KALO NYONTEK ITU SERBA TAKUT! Rasa takut nyontek itu masih ada dalam diri aku. But, I think it’s so good for me! :) dan sampe sekarang kalo aku nyontek itu paling gaptek.  Sebisa mungkin, aku harus percaya sama jawaban aku sendiri. Menurut aku, nyontek itu susah. Sangat susah dari ngejawab soal ulangan. Jadi, mulai sekarang, aku berusaha untuk tidak mencontek. *semoga*
Eh, langsung ke High School (HS) ya, Sekolah yang terkenal karena seragam berwarna abu-abu. Saat memasuki HS, cara-cara mencontek itu mulai keren badai halilintar pokoknya. :))) Dan dari HS, aku memperhatikan cara-cara mencontek temen-temen sekelas. *wahh perhatian ya* iya dong kelesss mwehehe. Gini nih:

8. Waktu itu, aku liat temen aku yang duduknya paling depan. Kalo di depan itu kan duduknya deket guru. Dia rada-rada bingung gitu deh pas jawab soal ulangan. Lalu, dia mencontek! OMG! Gimana caranya? Kan kalo ulangan itu ada kertas soal, nah dia tutupin deh tuh wajahnya pake kertas soal. Saat guru sedang tidak memperhatikan, wajah dia mulai melirik kebelakang, dan tengok kanan kiri serta dia mulai mengeluarkan jurus menconteknya. Hohoho ;)

9. Pake kertas. Kadang, ada aja kertas terselip di kolong meja. Untuk seseorang yang suka mencontek, kertas itu sebagai ladang berlian permata buat dia. Ya, meski digunain buat nyontek -__- Maka, ke kreatifan dia M U N C U L deh tuh. Buat apa? Ya buat nulis pertanyaan kelessss,, pertanyaan buat apa? Ya buat nanya soal ulangan. Dia sedang mencari sebuah jawaban! Bahahaa. ;D Kertas itu dia kasih ke temennya yang ada di depan dia, di belakanng dia, di kanan atau kiri dia. Cara ngasih nya? Dari temen ke temen. Ngertikan maksudnya? Saat kertas pertanyaan yang terdapat jawaban itu kembali ketangan dia dengan selamat, maka senanglah hatinya, dan terisilah lembar jawaban ulangannya. *prok prok prok*

PENGALAMAN: Cara-Cara Siswa Siswi Mencontek Saat Ulangan



PERHATIAN! JANGAN SAMPAI INI DI PRAKTEKAN DALAM ULANGAN! SAYA HANYA BERBAGI PENGALAMAN!! AMBIL HAL POSTIFNYA, YANG NEGATIFNYA BUANG!!!







.
.
 .
 .
 .
 .
Hai hai hai. :) Aku ifta, sekarang aku kelas 3 di High School (HS). Sekolah aku? di Hogwarts bareng Harry Potter *Ya Kali* *abaikan*
Oh iya, mungkin siswa-siswi seluruh dunia pada umumnya pernah melakukan apa itu yang namanya “MENCONTEK” secara sengaja maupun tidak sengaja. Kamu pernah melakukan itu? Hu… Kalau kamu belum pernah, maka kamu wajib dikasih penghargaan sebagai siswa atau siswi paling jujur se Indonesia atau se Dunia atau SE SU A TU yaaa!!! Hehe.  :D Kamu termasuk orang paling kece sedunia kalau kamu belum pernah mencontek. ;) *beri tepuk tangan* *prok prok prokkksss* ^_^ Sebelumnya, aku bikin tulisan ini bukan berarti aku suka mencontek, bukan berarti juga aku gak pernah mencontek. Apakah aku pernah mencontek saat ulangan? Jawabannya…. Pernah! u,u :(
Oleh karena itu, mari berbagi pengalaman “mencontek” itu, yang sebenernya kasih tau gak yaa? Kasih tau aja dehhh yaa :))) 

Well, langsung ke jaman Elementary School(ES) aja. Jaman aku ES sih ya *pasti kamu mikirnya jaman ice age yg masih ada mammont itu deh, ES disini adalah Elementary School*. Selama 6 tahun itu, kelas aku gak pernah di pindah-pindah orangnya. Jadi, inget banget tuh sikap dan kebiasaan temen-temen kelas. Ada yang bandel banget, bandel aja, galak *yang ini serem*,culun, pendiem, suka maen kalo lagi istirahat, ada yang suka jajan, pinter, ganteng, cantik, baik, kalem,dan lain-lain…
Oke langsung aja, ini dia cara temen-temen  mencontek yang aku perhatiin sih ya *cie perhatian* dan aku inget dari ES sampe HS sekarang. Ini sih versi aku ya, kalo ada kesamaan berarti kita ditakdirkan untuk ini :’) *ini apa ya maksudnya * *TERSERAH* Nih, baca yaa cara-cara mencontek siswa-siswi pas lagi ulangan:

1. Nanya ke temen sebangku. Nah, ini tuh paling gampang! Ini sih buat mereka yang duduk nya berdua-berdua. Sama guru pun jarang ketauan. Hihi. Caranya? Ya tinggal panggil aja tuh temen sebangku. Bertanya nya itu sambil bisik-bisik gitu, kalau temen sebangku nya pinter, ya jawabannya pasti bener *Nah, ini tuh suka jadi kebiasaan. Jadi kita suka tergantung sama temen sebangku kita* Tapi kalau temen sebangku kita so so an ngasih tau, ya pasti jawabannya belum tentu bener. Jadi, kita jangan terlalu tergantung sama temen sebangku ya.
Nah, secara sengaja dan tidak sengaja ada juga siswa/siswi melirik ke kertas jawaban temen sebangkunya, biasanya sih temen sebangkunya gak tau dan tidak sadar kalau lembar jawabannya lagi dicontek. Buat yg punya temen kek gitu, hati-hati yawww :) *tutupin kertas ulangan*

2. Nanya ke temen yang ada di depan bangku. *ini sih ya misalnya kalo seorang siswa duduk dibelakang siswi* Caranya? Memanggil dia dengan suara pelan nan lembut, baca: berbisik. Ya pasti siswa itu manggil-manggil siswi supaya liat kebelakang. Nah kalo siswi gak nengok-nengok juga, siswa akan manggil dia agak lantang *asal jangan ketauan pengawas* Al hasil, siswi akan balik badan lebih tepatnya balik kepala sih, lalu bilang, “Apa?”. *akhirnya siswi peka* dan pasti siswa langsung nanyain deh ya tuh soal ulangan. Selanjutnya siswi akan melihat jawaban miliknya, dan siswi kembali menengokan kepalanya ke siswa yang ada dibelakang untuk memberikan kunci pintu, kunci lemari, bukan.. -,- maksudnya, kunci jawaban. Jadi, siswi itu nengok kebelakang 2 kali buat ngasih tuh jawaban, kadang 3 kali atau mungkin berkali-kali kalo pendengaran siswa itu lagi sedikit ada gangguan. Wkwkwk -__- peace. <3

3. Saat cara dengan memanggil berbisik gak berhasil ke temen yang didepannya itu *iya sih, gak peka :((( hihi*, ada cara lain. Yaitu: Siswa pasti tendang-tendang tuh kursi siswi, sampe siswi yang pintar itu menengok kebelakang dan saat itu lah kesempatan untuk mandapat jawaban ditangan. ._.

4. Cara siswa siswi nyontek yg ke-4 ini adalah: Nanya ke temen yang ada dibelakang. Siswi berusaha nengok kebelakang buat nanya: “Oy, no 158 apa isinya?”.  Kalo ini, siswi bisa langsung dapet jawabannya. Atau ada juga orang yang pinter nyontek sih langsung aja diliat tuh kertas jawaban temennya mau bener mau salah, yang penting diisi ye kan tuh ulangan. lol

5. Masih seputar tempat duduk, cara mencontek siswa-siswi adalah dengan bertanya  keteman disampingnya  yang beda bangku. Mau itu temennya di kiri atau dikanan, akan di tempuh untuk mendapat sebuah jawaban yang pasti oh.. *puitis ceritanya* caranya? Gak jauh beda lah sama cara yang ke satu, dua, tiga, sama empat. Udah baca kan? Oke bagus bagus. Iya nyonteknya itu berbisik, dan melirik.